Mekanika Fluida Bernoulli

1. MEKANIKA FLUIDA ASAS BERNOULLI
2. PENGERTIAN FLUIDA Adalah zat alir (baik cairan maupun gas)‏ BEBERAPA PENERAPAN Dibidang Penerbangan: dipelajari perilaku udara sebagai zat alir. Dibidang Kesehatan: dipelajari sistem peredaran darah dan injeksi cairan ke dalam tubuh
3. HUKUM BERNOULLI Jika Kecepatan Fluida tinggi, maka tekanan akan rendah dan jika kecepatan Fluida rendah maka tekanan akan tinggi. P1 : tekanan pada ujung 1, satuannya Pa P2 : tekanan pada ujung 2, satuannya Pa v1 : kecepatan fluida pada ujung 1, satuannya m/s v2 : kecepatan fluida pada ujung 2, satuannya m/s h1 : tinggi ujung 1, satuannya m h2 : tinggi ujung 2, satuannya m
4. Beberapa Aplikasi Hukum BERNOULLI
5. Gaya Angkat Pesawat Mengapa pesawat yang terbuat dari logam yang amat berat dapat terbang di angkasa ? Bagian atas sayap melengkung, sehingga kecepatan udara di atas sayap (v2) lebih besar daripada kecepatan udara di bawah sayap (v1) hal ini menyebabkan tekanan udara dari atas sayap (P2) lebih kecil daripada tekanan udara dari bawah sayap (P1), sehingga gaya dari bawah (F1) lebih besar daripada gaya dari atas (F2) maka timbullah gaya angkat pesawat.
6. P1 P2 V1 F1 F2 V2 Animasi Sirip Pesawat
7. Contoh Soal Pada pesawat model kecepatan udara di bagian atas 50 m/s dan kecepatan di bagian bawah 40 m/s, jika massa jenis udara 1,2 Kg/m 3 , tekanan udara bagian atas pesawat 103000 Pa. Berapakah tekanan udara dari bawah sayap ?
8. Penyelesaian Diketahui : v 2 = 50 m/s v 1 = 40 m/s ρ = 1,2 Kg/m 3 P 2 = 103000 Pa Ditanyakan : P 1 = …. ? Penyelesaian: P1 = 103540 Pa Jadi tekanan dari bawah sayap pesawat adalah 103540 Pa .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s